UPDATE produk terbaru di Channel Telegram. Klik >>Gabung Sekarang< <

 

 

Kamu memiliki baju batik favorit? Menjaganya agar tetap awet memang tidak mudah. Beberapa kain batik yang dicuci dengan sabun biasa justru warnanya cepat pudar. Nah, bagaimana agar batik tetap awet dan warnanya tetap terjaga? Tidak perlu panik, cara di bawah ini wajib kamu coba.

berikut ini adalah cara untuk menjaga batik tetap awet dan warnanya terjaga.

 

  • Gunakan Sabun Khusus

Untuk mencuci kain batik sebaiknya gunakan sabun cuci khusus. Sabun jenis ini banyak dijual di pasaran. Jika memang tidak memungkinkan membeli sabun khususnya, kamu dapat menggunakan sampo. Sebelumnya, larutkan sampo dalam air lalu pergunakan untuk mencuci kain batik.

 

  • Hindari Mencuci Batik dengan Mesin

Sebaiknya hindari mencuci batik dengan mesin cuci. Usahakan untuk mencuci batik dengan tangan. Pencucian dengan mesin akan membuat warna batik cepat pudar dan kain mudah melar.

 

  • Hindari Menjemur Langsung di Bawah Matahari

Saat akan menjemur batik hindari memerasnya. Dan jangan menjemur batik di bawah sinar matahari secara langsung. Jemur di tempat yang lebih teduh atau kamu dapat mengangin-anginkan batik hingga kering.

Saat kamu akan menjemurnya, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.

 

  • Hindari Menggunakan Wewangian

Jika kamu terpaksa menggunakan wewangian, hindari menyemprotkan secara langsung pada kain batik. Lapisi dengan kertas koran. Hal ini berlaku untuk kain batik terutama yang berbahan sutera.

 

demikian 4 hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat kain batik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *