UPDATE produk terbaru di Channel Telegram. Klik >>Gabung Sekarang< <

Tulisan kali ini bakal membuat kita bakal pusing, karena ini berkaitan dengan teknik dalam bersosial media, tapi tenang saja, nikmati saja, baca lalu lupakan, suatu hari nanti kalau keinget dan butuh baru dibuka kembali artikel ini. Oke, yang penting selesaikan membacanya ya.

Di dalam marketing online ada yang namanya teknik SEO (Search Engine Optimization), apa itu SEO silahkan googling deh. Nah jika ‘bermain’ SEO, maka kita harus jeli dalam menentukan keyword. Maka untuk ‘bermain’ di Instagram, kita harus cerdik dalam memainkan hashtag. Sebagai seorang pebisnis online shop, Saya yakin kakak sangat setuju dengan pernyataan Saya barusan, betul?

Ya, memang harus diakui, penggunaan hashtag yang tepat adalah cara termudah untuk meningkatkan reach organik dari konten Instagram yang kita miliki. Setiap kali menambahkan hashtag yang tepat, konten tersebut berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak interaksi dan tampil sebagai ‘top post’.

Hashtag memang terdengar sederhana karena orang paling awam sekalipun familiar dengan penggunaannya. Namun ternyata, penggunaan yang tepat bisa sangat mempengaruhi efektifitas promosi Anda.

Dikutip dari Track Maven, konten Instagram yang menggunakan 9 hashtags akan tampil 2.5 kali lebih baik dibandingkan mereka yang menggunakan sangat sedikit atau terlalu banyak hashtag.

Yang mengejutkan, ternyata tidak banyak pelaku bisnis online yang memperhatikan pentingnya penggunaan hashtag ini. Lho, kenapa? 

Alasannya sederhana, karena riset hashtag di Instagram bisa menyita cukup banyak waktu, atau mereka memang tidak terlalu mempertimbangkan manfaat yang diraih jika riset itu dilakukan dengan tepat.

Apa untungnya pakai hashtag yang tepat?

Sebelum melakukan riset hashtag, tentu harus mengetahui lebih dulu latar belakang kenapa kita harus melakukan hal ini. Dengan hashtag yang powerful, manfaat apa saja yang bisa diperoleh? Yuk simak di bawah ini :

  1. Meningkatkan engagement di konten  kakak dengan meraup lebih banyak likes dan komentar
  2. Mengetahui tingkat kompetisi dari hashtag yang Anda gunakan. Dengan melakukan riset, kita jadi tahu apakah hashtag yang digunakan termasuk kategori popular, tidak begitu popular, terlalu tinggi kompetisinya, atau masuk kategori spam ( tahu kan tag #LFL #FFF ? Hahaha… )
  3. Mendongkrak popularitas konten agar bisa masuk ke deretan top post. Saat konten masuk ke top post, maka akan semakin mudah mendatangkan pembeli ke toko online kakak.
  4. Menciptakan konten feed berkualitas yang konsisten dan relevan yang menjadi sinyal lain untuk mendatangkan pembeli ke toko Anda.

Sampai disini, Saya yakin bakal semakin memahami pentingnya menggunakan hashtag yang powerful untuk jualan online di Instagram.

Cara Melakukan Riset Hashtag di Instagram

Level 1- Melakukan Riset Sederhana dengan Membagi Kategori Bisnis atau Produk

Tidak punya waktu untuk melakukan riset secara mendalam dengan sebuah tool? Well, sebenarnya kita masih tetap bisa melakukan riset sederhana untuk menemukan hashtag terbaik untuk caption postingan kita. Cara ini mungkin bukan yang terbaik, tapi bisa cukup membantu dan bisa cepat dilakukan. Dan nyatanya, banyak pelaku toko online yang melakukan hal ini.

Kelebihan : Cepat dan nyaris instant

Kekurangan : Kualitas hashtag cenderung berdasar perkiraan, dan insting karena tidak dilakukan secara mendalam (tapi lama kelamaan akan selalu bisa menyempurnakannya melalui beberapa tahap evaluasi)

Tips sederhana untuk menggunakan riset level satu ini adalah membagi- bagi kategori yang membantu menemukan tag terbaik. Urutkan kategori ini dari yang broad (lebih melebar) ke targeted (lebih tertarget). Simak ilustrasi gambar berikut ini :

Well, gambar ini hanya contoh saja. Kakak bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk menentukan hasil brainstorming sendiri dan menuangkannya dalam bentuk hashtag. Setelah itu, seleksi daftar tag tersebut, dan tentukan mana saja yang akan digunakan.

Level 2- Riset Hashtag secara cepat dengan Instagram Autocomplete

Cara riset cepat yang super praktis dan sering digunakan user adalah dengan memanfaatkan  pencarian hashtag di bar pencarian Instagram itu sendiri. Misalnya dengan iseng mengetikkan tag tertentu, maka akan mendapatkan suggestion dari fungsi Instagram autocomplete yang menampilkan deretan tag terkait dan memunculkan hashtag terpopuler lebih dulu.

Di tag tersebut juga muncul berapa banyak post yang menggunakan tag tersebut, sehingga pelaku bisnis online cenderung menganggap yang muncul pertama akan memberikan engagement terbaik untuk konten mereka. Meski kenyataannya tidak selalu demikian.

Saat sebuah tag disebut sudah diposting sebanyak ratusan ribu kali, bukan berarti tag tersebut juga sudah dikunjungi sebanyak itu. Jika tag tersebut terlalu sering dipakai, ini bisa berarti juga kalau postingan kakak akan segera keluar dari daftar “post terakhir” yang menggunakan tag tersebut. Tentunya ini bisa menjadi pertimbangan agar tidak asal mencomot hashtag yang muncul di urutan pertama.

Hashtag yang sudah digunakan jutaan kali, bukan berarti sudah dikunjungi pengguna sebanyak jutaan kali juga

Salah satu praktik terbaik dari penggunaan kotak pencarian Instagram adalah kakak juga bisa mempertimbangkan untuk memakai hashtag terkait (related tag) yang muncul di bawah tag yang telah diklik.

Meski begitu, kita harus menyadari bahwa ada pembatasan dalam penggunaan Instagram autocomplete ini, termasuk related tag di atas. Mereka didesain untuk menunjukkan hashtag yang mungkin dicari, tapi tidak menunjukkan hashtag yang mungkin paling sesuai untuk user. Cara kerja tool ini adalah memberikan saran berdasarkan prediksi kata yang akan user ketik. Sederhanya, tool ini didesain untuk user Instagram, bukan marketer.

Level 3- Gunakan Tool dari Pihak Ketiga

Bagian terbaik dari sebuah riset adalah selalu ada pihak ketiga yang bisa membantu Anda. Well, Namanya pihak ketiga, tentu akan ada fitur tambahan yang membuat riset menjadi lebih mudah dan lengkap. Nah untuk tools pihak ketiga ini, kami sedang menyiapkan dan mencoba beberapa tools. Akan kami infokan jika artikel tentang tools riset instagram telah kami publish di blog ini.

Semoga bermanfaat


NOTE:
Terima kasih untuk yang telah gabung Member Prioritas
Untuk yang masih reguler bisa upgrade
Mumpung registrasi hanya Rp 199.00Rp 99.000
Silahkan klik/tekan tulisan biru di bawah ini
>>> Yuk Buat akses Member PRIORITAS <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *